Entri Populer

Jumat, 07 Oktober 2011

Liakalista,2Pa02,12509802,Psi_7



Search Engine
Search Engine adalah suatu Web site yang menyediakan pelayanan untuk mencari informasi. Beberapa search engine memiliki pendekatan teknik searching yang berbeda. Beberapa search engine yang terkenal antara lain:
  • Yahoo, menyediakan tatanan informasi yang telah terkategori (www.yahoo.com)
  • Google, menyediakan suatu metode search engine dengan multi language serta pengelompokkan dalam pencarian informasinya (www.google.co.id)
  • Lycos, menyediakan suatu metode search engine yang memanfaatkan teknik fuzzy, sehingga bila tidak diketahui dengan pasti keywordnya, pencrian tetap dapat dilakukan. Misal untuk mencari Akhmad atau Ahkmad (www.lycos.com)
  • Altavista, merupakan search engine yang peling cepat (www.altavista.com)
  • Copernic 99, menggunakan beberapa search engine sekaligus, menyaring hasil rangkap dan menandai kata-kata yang dicari (www.coopernic.com)
  • Astalavista, merupakan search engine untuk mencari program-program crack suatu software pada komputer (www.astalavista.box.sk)
  • Softseek, merupakan search engine yang berfungsi untuk melakukan pencarian berbagai macam software baik yang freewre maupun shareware (www.softseek.com).
  • Searchindonesia, merupakan search engine yang ada di indinesia yang sangat baik untuk mencari informasi yang berkenan dengan indonesia, tetapi kuang memuaskan untuk pencarian informasi secara global (www.searchindonesia.com)

Untuk menggunakan Google:
-          Masukkan di Location http://www.google.com
-          Maka akan segera tampil halaman pertama. Tampak form yang dapat digunakan memasukkan keyword yang dipakai untuk searching
-          Untuk mulai melakukan search, keywod tersebut dimasukkan ke dalam form tersebut dan tombol GOOGLE SEARCH ditekan.
Disamping menyediakan fasilitas searching, google juga telah mengkategorikan informasi-informasi dalam kategori-kategori yang  memudahkan pencarian informasi. Untuk mencari informasi yang terkategori tersebut, dapat dilakukan tinggal memilih link GROUPS.

Hasil dari suatu pencarian akan menampilkan seperti:
  • Untuk mulai mencari suatu informasi, masukkan keyword ke form, http://www.google.com
  • Setelah tombol GOOGLE SEARCH ditekan maka akan ditampilkan sumber informasi yang memiliki kata kunci tersebut
  • Sumber yang memiliki nomor kecil adalah yang paling relevan dengan yang ingin dicari

Apabila ingin dilakukan pencarian yang lebih kompleks dapat digunakan pilihan ADVANCED SEARCH.
  • Dengan pilihan ini dapat digunakan hubungan logika antara kyword, misal: AND, OR, serta nilai ketepatan pencarian misal: EXACT, LOOSE dan sebagainya.
Hasil pencarian akan ditampilkan secara berurutan. Yang berada pada posisi teratas dari daftar hasil pencarian tersebut, adalah dokumen atau web Page yang paling relevan dengan keyword yang ddiberikan.
Masih banyak lagi search engine yang terdapat  di internet. Informasi dari setiap search engine belum tentu sama, untuk itu gunakanlah berbagai search engine untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kriteria yang anda butuhkan.
Contoh-contoh search engine yang lain adalah (www.infoseek.com). (www.msn.com), (www.hotbot.com), (www.googlecom), (www.catcha.co.id) dan masih banyak lagi.

Sumber:Ramelan,Widiaprana,dkk.Pengantar Internet .UniversitasGunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar