Entri Populer

Jumat, 07 Oktober 2011

Liakalista,2Pa02,12509802,Psi_6


Komunikasi Internet
Pengertian Komunikasi adalah, proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti.  Sedangkan Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut. Jadi Komunikasi Internet adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan pada suatu jaringan computer global. Dengan adanya komunikasi internet ini akan memudahkan segala urusan
Contoh dari komunikasi internet misalnya
1.      Dalam bidang kesehatan, ada seorang pasien dari jauh yang ingin didiagnosa penyakit oleh dokter, Ia tidak perlu datang ke rumah sakit atau dokter tetapi ia hanya menyebutkan gejala gejalanya saja dan dokter akan bisa memberikan diagnosenya dan memberikan resep.
2.      Dalam bidang hukum, kita dapat mengadukan kepada pihak berwajib khususnya polisi bila kita mengalami tindak kejahatan/ penipuan dengan menuliskan apa yang  kita alami pada alamat web yang telah disediakan.
3.      Kita dapat bercakap cakap dengan teman yang tempatnya jauh misalnya di luar negeri tanpa harus bertemu dapat dilakukan melalui aplikasi teleconference

Banyak sekali layanan aplikasi di Internet dan masih terus akan berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, contoh aplikasi yang banyak digunakan, diantaranya adalah:
1.      Electronic Mail (E-Mail)
Aplikasi ini adalah yang paling banyak digunakan, dan termasuk salah satu dari aplikasi pertama di Internet. Dengan E-Mail, anda dapat mengirim dan menerima surat, pesan, dokumen secara elektronik dengan pemakai lain di internet yang mempunyai alamat E-Mail.
2.      News-USENET
Digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi antar pemakai jaringan internet. Aplikasi ini hampir serupa dengan suatu papan pengumuman, dimana setiap orang dapat mengirim, melihat dan menanggapi suatu berita atau suatu topik diskusi dengan fasilitas yang hamper sama dengan E-Mail. Topik diskusi dipisahkan oleh grup, dan pemakai yang berminat dapat melihat isi diskusi pada newsgroup tersebut.
3.      File Transfer Protocol (FTP)
Untuk dapat mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file, digunakan aplikasi FTP antara pemakai dengan suatu FTP server. Dengan adanya aplikasi ini, dimungkinkan untuk upload dan download data dalam format data berbentuk file seperti misalnya data aplikasi, gambar, database, dan sebagainya.
4.      Remote Login-Telnet
Telnet adalah suatu aplikasi remote login Internet yang memungkinkan anda untuk log-in atau menggunakan komputer yang berbeda di jaringan secara interaktif. Untuk login dibutuhkan account pada komputer tujuan, jika anda bukan user terdaftar maka tidak dapat login ke komputer tersebut. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengakses komputer berbasis sistem operasi UNIX dari tempat yang berbeda dari servernya.
5.      World Wide Web (WWW)
Awalnya informasi dapat dicari pada internet dengan menggunakan fasilitas Information service berbasis archie, gopher, dan WAIS (Wide Area Information System). Pencarian informasi berdasarkan menu-menu pada sistem-sistem tersebut dan output yang dihasilkan berbasis teks. Saat ini dengan teknologi Word Wide Web, dimungkinkan untuk mengakses informasi secara interaktif, dan bentuk informasinya berupa tampilan grafis ataupun teks. Hal ini dimungkinkan dengan adanya Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang digunakan untuk mengakses suatu informasi yang disimpan pada suatu situs web (website). Untuk dapat menggunakan sarana ini, dibutuhkan aplikasi Web Browser.
6.      Teleconference
Dengan adanya jaringan internet yang mencakup hamper dari seluruh dunia, maka dimungkinkan untuk pemakainya dapat berkomunikasi secara langsung kepada pemakai lain di tempat lain diseluruh dunia. Bentuk komunikasi ini juga dapat berkembang menjadi bentuk konferensi jarak jauh (teleconferencing). Awalnya komunikasi langsung ini berlaku untuk dua pemakai dan menggunakan teks sebagai sarananya. Kemudian berkembang menjadi konferensi jarak jauh untuk banyak pemakai sekaligus dan bahkan media tidak hanya berbasis teks melainkan dalam bentuk suara atau gambar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar