Entri Populer

Sabtu, 24 September 2011

Liakalista,3Pa1,12509802 Psi_4

Bandwitch, ISP, dan FTP
Bandwitch merupakan kecepatan transmisi data, dalam satuan bit per detik. Semakin besar bandwith maka semakin cepat transmisi datanya. Contoh untuk komunikasi data dengan jaringan Ethernet mempunyai kecepatan 10-100 Mbps, modem telepon mempunyai beberapa jenis dengan kecepatan transmisi mulai dari 14,4-56 Kbps, leased line, microwave radio, satellite dapat mempunyai kecepatan transmisi lebih besar lagi, misalnya Universitas Gunadarma menggunakan leased line dengan bandwith 256 Kbps. Dengan perkataan lain, semakin besar bandwith, maka semakin cepat transmisi data yang dapat dilakukan antara kedua lokasi komputer tersebut.
ISP adalah suatu perusahaan atau badan baik pemerintah maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas layanan koneksi ke jaringan internet bagi jaringan yang terhubung kepadanya.
ISP yang ada saat ini dapat berupa ISP yang bersifat tertutup dan ISP yang bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup adalah lembaga atau badan yang hanya melayani atau dapat memberikan fasilitas jaringan internet kepada jaringan lokal dari lembaga atau badan tersebut. Contohnya terdapat pada beberapa departemen pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan, ataupun lembaga pendidikan seperti Universitas Gunadarma ini. Pemakai dan komputer yang terhubung ke ISP ini biasanya terbatas.
Selain dari pada itu, saat ini telah banyak terdapat ISP yang bersifat umum atau dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan internet. ISP jenis ini bersifat komersial, yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Saat ini telah cukup banyak ISP seperti ini, contohnya adalah: CBNNet, IndosatNet, RadNet, D-Net, TelkomNet, WasantaraNet, LinkNet, dan sebagainya.
FTP adalah Untuk dapat mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file, Dengan adanya aplikasi ini, dimungkinkan untuk upload dan download data dalam format data berbentuk file seperti misalnya data aplikasi, gambar, database, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar