Entri Populer

Minggu, 27 Maret 2011

Kepribadian Sehat menurut Teori Psikoanalisa

Apakah arti Kepribadian sehat? Apa sih kepribadian? Berdasarkan teori kepribadian ada 3 aliran yang menjelaskan mengenai kepribadian Yaitu aliran Psikoanalisa, aliran Behavioristik dan aliran Humanistik. Disini akan kita uraikan kepribadian menurut aliran Psikoanalisa
 Sigmund Frued, pendiri Psikoanalisa, adalah ahli psikologi pertama yang memfokuskan perhatiannya kepada totalitas kepribadian manusia,bukan kepada bagian-bagiannya yang terpisah.
Sebagaimana tubuh fisik yang mempunyai struktur : kepala, kaki, lengan dan batang tubuh, Sigmund Frued, berkeyakinan bahwa jiwa manusia juga mempunyai struktur, meski tentu tidak terdiri dari bagian-bagian dalam ruang. Struktur jiwa tersebut meliputi tiga instansi atau sistem yang berbeda. Masing-masing sistem tersebut memiliki peran dan fungsi sendiri-sendiri. Keharmonisan dan keselarasan kerja sama di antara ketiganya sangat menentukan kesehatan jiwa seseorang. Ketiga sistem ini meliputi : Id, Ego, dan Superego.

  1. Id adalah struktur paling mendasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, tujuannya pemenuhan kepuasan yang segera
  2. Ego berkembang dari id, struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia. Superego, berkembang dari ego saat manusia mengerti nilai baik buruk dan moral.
  3. Superego merefleksikan nilai-nilai sosial dan menyadarkan individu atas tuntuta moral. Apabila terjadi pelanggaran nilai, superego menghukum ego dengan menimbulkan rasa salah. 
Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa kepribadian yang sehat menurut teori psikoanalisa adalah adanya keharmonisan, keselarasan dan keseimbangan antara id, ego, dan superego.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar